Thursday, 23 February 2012

Vaksinasi Kucing

Kucing merupakan hewan yang lucu dan merupakan salah satu hewan penurut, manja dan dapat bersahabat dengan manusia. Tentunya bagi para pecinta kucing, kesehatan kucing menjadi salah satu hal yang selalu diperhatikan sebab kucing juga dapat menjadi vektor beberapa penyakit misalnya toxoplasma dan rabies. Untuk itulah Vaksinasi dilakukan untuk mencegah masuknya bibit penyakit pada tubuh hewan tersebut. Vaksin pada kucing biasanya diberikan ketika kucing masih anakan yaitu sekitar umur 8 minggu. Hal ini karena pada usia 8 minggu immunoglobulin dari induk sang kucing sudah mulai menurun sehingga harus diberikan imunisasi buatan agar kucing dapat tumbuh sehat. Berikut ini merupakan jadwal vaksinasi kucing dan kisaran harga vaksinasi. 
  
1. Umur 8-10 minggu
  • Pemeriksaan umum 
  • Vaksinasi 3 penyakit (tricat) (Feline panleucopenia, Feline rhinotracheitis, Feline calicivirus) atau 4 penyakit (tetracat)  (Feline panleucopenia, Feline rhinotracheitis, Feline calicivirus, Chlamydia)
  • Pemberian obat cacing
2. Umur 12-14 minggu
  • Pemeriksaan umum 
  • Vaksinasi Ulangan 3 penyakit (tricat) (Feline panleucopenia, Feline rhinotracheitis, Feline calicivirus) atau 4 penyakit (tetracat)  (Feline panleucopenia, Feline rhinotracheitis, Feline calicivirus, Chlamydia)
3. Umur 20 minggu
  • Pemeriksaan umum
  • Vaksinasi rabies
4. Khusus untuk kucing umur lebih dari 6 bulan yang belum pernah di vaksin
  • Pemeriksaan umum 
  • Vaksinasi 3 penyakit (tricat) (Feline panleucopenia, Feline rhinotracheitis, Feline calicivirus) atau 4 penyakit (tetracat)  (Feline panleucopenia, Feline rhinotracheitis, Feline calicivirus, Chlamydia) 
  • Vaksinasi rabies
Berikut ini daftar harga vaksin
  • vaksin tricat Rp.80.000- Rp.150.000 (obatnya murah), Rp. 200.000 (merk lain yang lebih mahal)
  • vaksin tetracat Rp.170.000- Rp.200.000
  • vaksin rabies Rp.30.000-Rp.100.000
Untuk tahap berikutnya, vaksinasi dianjurkan diulang setiap tahunnya untuk menjaga agar kucing memiliki antibodi yang tinggi sehingga imunitas kucing bagus dan selalu sehat.

17 comments:

irsa said...

kucing bisa kena rabies juga ya?
seram >.<

Rista Susanti said...

hohoo bisa banget,, hewan berdarah panas bisa terkena rabies,, maka dari itu makanan kucing juga harus dijaga. pemberian makanan sisa yang tidak bersih atau daging mentah dapat memicu berbagai macam penyakit seperti toxoplasma.

andika said...

kalo mau vaksin dimana tempatnya?
please dong hubungi saya 082152755233

saya masih belajar merawat kucing, kucing saya umurnya 3bulan, kucing pertama saya itu tolong bimbing saya yah . . . hehebe

andika said...

kalo mau vaksin dimana tempatnya?
please dong hubungi saya 082152755233

saya masih belajar merawat kucing, kucing saya umurnya 3bulan, kucing pertama saya itu tolong bimbing saya yah . . . hehebe

LeeA said...

kalo mo vaksin lngs aja dateng ke dokter hewan/vet.
pelihara kucing gampang koq. yg penting selalu di jaga kesehatannya.
jgn kasih makanan & minuman mentah, semua harus matang.
alas tidur juga hrs rajin dibersihkan.
mandi minimal seminggu sekali, pake shampoo khusus kucing utk mencegah kutu.
semoga sedikit info ini bisa berguna ya...

Muhammad Zaenudin said...

Gan, katanya kucing persia harus di tempatkan di ruang ber AC ya? rumah ane kan ga ber AC, tapi ane pingin banget adopsi kucing. kira kira kucing apa ya yang pas buat ane?

mohammanu said...

Mbak vaksin yg tricat atau tetracat td, apakah sdh trmasuk jg untuk toksoplasma? Soalnya agk takut ama yg ini , thx b4

inbxl said...

gara2 percaya dengan klinik yg pertama didatangi, 2 kitten saya sakit sampe meninggal. awalnya saya tanya2 keklinik itu untuk melakukan vaksin saat usia kitten baru 2 bulan. dokter klinik itu bilang masih belum bisa vaksin. katanya usia normal kucing yg boleh divaksin adalah 6 bulan. akhirnya. karna terlalu percaya saya urung untuk memvaksin kucing. dan saat kucing usia 6 bulan sebelum sempat divaksin. kucing menderita sakit mata berair dan susah makan, ketika dibawa kedokter lainnya. dokter itu marah2 ke saya karna kucing saya belum divaksin. akhirnya kucing g ketolong karna antibody nya lemah. semoga tidak terjadi pada yg lain.. dan semoga kucing saya yg lain lekas sembuh.. amin..

Helda said...

Thanks infonya :)

Anonymous said...

Goblok ! Mangasamu nang persia AC ne kroso ? Tolol

Dhita Maharany said...

Kalo kalo ane si gapake ac persia ge idup ko :)

indra septian said...

AC itu buat bulunya mas, kalo suhu panas ntar cenderung rontok. Kalo pake ac ntar kucingnya berbulu tebal

nonik nonika said...

kira" beli vaksinnya dmn ya? mau saya suntik sendiri..

loli lisa said...

Pet shop yg bagus utk vaksin di sekitar jaksel bintari dimana ya? Mohon petunjukknya

taniabelle said...

Kl sekitar cibubur ada doc hewan yg murah gak? Kira2 biaya berapa?
saya baru beli kitten peak nose tp kondisi kurus bgt, gak mau makan wet food. Cuma minum air putih Saja. Apa itu wajar karena baru hari pertama? Tolong dibantu karena masih belajar merawat kucing. Kitten saya usia 9minggu. Trims.

Joarmstronk Jo said...

Kl baru emg wajar aja gan.. Perlu adap tasi spot baru ama makan baru yg di kasi..

Vander Blogger said...

3 minggu lalu gw dapet jakpot anggora 1 dan 4 ekor anakan di gudang gw. Singkat cerita, gw mutusin bwat adopt tu kucing. Nah ini dah minggu ke 3 tu kucing d rumah, tiap pagi sm sore gw kasih makan dry food. Cuma smpe skrg itu kucing msh blum mau sma skli gw deketin. Dpt info klo itu kucing harus d vaksin. Yg jadi mslh gw gtw brp usia itu kucing, n apakah sudah saatx d vaksin ap blum? N krna itu kcing d pgang aj msh blm mau, apa kudu gw paksa ambil utk d bawa k dokter? Secara gw khwtir bgt sm itu kucing. Isinya tdur mulu g ad aktifitasx... Mohon bimbingannya y semua..