Sunday 11 December 2011

Life Must Go On


Gue datang ke kantin buat nyamperin Dana.
            “Reseh lo Na, mang lo pikir gue apaan?” gue udah gerah dengan tingkah Dana yang usil dan selalu aja ikut campur.
            “Maksud lo apaan sih, Nez? Dateng-dateng langsung nyolot!” Dana berlagak nggak tau.
            “Eh kemarin lo pulang sekolah ngomong apa ke Gilang? Lo ngomong kan kalo keluarga gue broken bla..bla..bla dan semua keburukan gue lo ceritain ke Gilang. Gue udah percaya banget ma lo tapi setega itu lo ma gue.” air mata gue udah keluar dan gue coba buat nahan emosi.
            “Upz! Lo asal nuduh sih Nez! Gue? Gue nggak pernah ngomong apa-apa ke Gilang. Lo tau berita buruk dari siapa sih? Jangan-jangan ada yang mau ngomporin lo kali, biar kita nggak sobatan lagi.” Dana keliatan panik.
            “Ah whatever Na, ngomong sama lo, seorang penghianat sejati tuh sama aja ngomong ma benda mati!” gue pergi ninggalin Dana dengan air mata penuh di pipi.
            Apa nantinya pandangan Gilang ke gue. Tolol banget sih gue cerita-cerita semua kebobrokan gue ke orang lain. Gue nggak dapet apa-apa tapi gue bakal dapet bencana. Tiba-tiba..
            “Kenapa Nez kok lo mewek gitu? Cerita donk ma gue.” Gandi tiba-tiba dateng dan ngagetin gue. Gue langsung berlagak ceria.
            “Eh lo Gan? Gue nggak apa-apa kok. Tadi cuma jatuh terus kaki gue berdarah nih, sakit.” Gue spontan aja ngomog kayak gitu soalnya tadi emang gue jatuh waktu jam olahraga.
            “Upz! Parah tuh Nez, tar dulu gue ambilin kotak obat di UKS.”
            “Eh Gan, nggak usah. Nggak apa-apa kok.” telat, Gandi nggak peduliin gue dan dia tetep ke UKS.
            Sial! Kenapa sih dia selalu aja dateng disaat gue berantakan…
            “Sini gue obatin dulu, biar nggak infeksi. Lagian ngapain lo bisa jatuh gitu, nggak hati-hati.” Gandi keliatan khawatir.
            “Tadi gue kepleset tau. Siapa juga yang mau jatuh sampe berdarah gini. Gue juga nggak mau kali Gan. Tapi takdir tuh!”
            “Ok, udah nih. Laen kali ati-ati ya. Gue balikin dulu nih kotak obat ke UKS.” Gandi langsung cabut lagi ke UKS.
            Jam istirahat berakhir.
            “Masih ngambek lo ma gue, Nez?” Dana yang duduk sebangku ma gue tiba-tiba nongol.
            “Tau! Gue nggak mau ngomong ama penghianat kayak lo.” gue masih jengkel ma Dana.
            “Hmmm, ok deh Nez. Kita liat siapa yang buat semua jadi kacau kayak gini.” Dana duduk dan dengan tenang dia mengikuti pelajaran.
            Pikiranku kacau hari ini. Aku belum ketemu ama Gilang karena hari ini Gilang nggak masuk sekolah.
            Gue minta ijin ke UKS karena gue ngerasa nggak enak badan, dan pastinya nggak enak perasaan.
            “Napa lo Nez ke UKS. Lo sakit lagi?”
            Tiba-tiba Gandi dateng. Anak yang satu ini selalu aja sok perhatian ke gue.
            “Gue cuma agak pusing nih. Habis ini mungkin gue pulang deh! Mau istirahat aja di rumah.”
            “Lho, emang di rumah ada siapa? Bukannya pada kerja semua?” Gandi merasa khawatir.
            Bokap gue udah pisah ama nyokap gue lima tahun yang lalu waktu gue kelas satu SMP. Nyokap gue seorang yang sibuk banget dan kakak-kakak gue udah kuliah di luar negeri. Dana adalah satu-satunya sahabat gue yang tau kondisi gue. Tapi sekarang di mata gue Dana adalah penghianat.
            “Gan, gue pulang dulu ya.” gue berlari meninggalkan Gandi. Gue udah jenuh dengan pertanyaan-petanyaan tentang keluarga gue. Gue bosan.
            Seharian gue Cuma tiduran di kamar gue yang acak-acakan dan gue harus menjalani hari-hari gue tanpa seorangpun disisi gue. Gue harus ngejalanin rutinitas gue kayak gini.
            “Hai Fara.” balas Gilang saat Fara datang.
            “Hai Gil, dah dari tadi nungguin gue? Sori tadi gue ke ruang guru dulu ngumpulin tugas.” Fara yang cantik, Fara yang terkenal itu semakin akrab aja ama Gilang.
            “Hai Gil, tumben kemarin nggak masuk kenapa? Eh, hai Far.” gue dateng nyamperin mereka.
            “Oh, kemarin gue ada acara wisuda kakak gue.” jawab Gilang singkat.
            “Ehm makin lengket aja lo Gil ama Fara, udah jadian kalian?” Dana tiba-tiba nyamperin gue, Gilang ama Fara.
            Jantung gue berdetak ingin tahu jawaban Gilang. Ehm mereka emang kini keliatan semakin akrab.
            “Ehm, nggak kok. Cuma temen.”
            Ah jawaban yang nggak gue harapkan tapi gue masih penasaran. Ada yang disembunyiin Gilang. Tiba-tiba..
            “Gilang, apa sih lo pake malu-malu gitu. Eh, iya Na, kita udah jadian.” Fara keliatan nggak sabaran.
            Jantung gue serasa berhenti. Astaga! Apa yang gue takutin ternyata kejadian juga.
            “Ayo Nez kita pulang…” tiba-tiba Gandi dateng dan menyeret tangan gue.
            “Hah apa-apaan…” gue kaget banget.
            “Dan ayo kita pulang, musti ngerjain tugas kelompok kita hari ini di rumah gue.” Gandi juga ngajak Dana karena emang kita punya tugas hari ini.
            Kenapa sih musti Dana lagi. Dan kenapa musti Gandi yang nyelametin gue disaat kayak gini.
            “Udah diem aja daripada lo ntar nangis di depan Fara ama Gilang.” Gandi berbisik ke telinga gue.
            Ya ampun! Gandi tau kalo gue…
            “Ada tissue nggak lo Dan?”
            “Hah? Buat apa. Lagian masa gue bawa tissue. Aneh-aneh aja lo Gan.” jawab Dana.
            “Nggak liat apa Neza udah mau nangis gini. Matanya udah merah tuh. Soalnya…”
            “Udah! Cukup Gan!” gue memotong perkataan Gandi soalnya gue takut Dana juga tau.
            “Udah yuk jalan.” kata Gandi.
            Hari ini kacau banget. Gilang udah lupa ama janjinya. Mungkin dia masih inget ama makanan favorit gue. Tapi mana mungkin dia inget ama janji konyol itu. Lagian juga dia udah punya cewek, Fara. Dan Gandi.. kenapa dia bisa tau tentang perassan gue ke Gilang padahal gue selalu diam, bahkan Dana, sahabat gue aja nggak tau.
            “Udah, nggak usah dipikirin lagi!”
Gandi menggandeng tangan gue.
            “Hah?” gue kaget.
            Hari yang nyebelin banget, sampe-sampe paginya gue nggak nafsu buat ikutin pelajaran.
            “Pulang yuk Nez. Udah keburu sore nih.” Gandi ngajak gue pulang karena hari ini kita habis pelajaran tambahan dan pastinya pulang sore.
            “Sabar deh Gan. Gue lagi ngatur buku gue nih.”
            “Gue tunggu nona manis.” Gandi nyeletuk.
            “Ihhh, kesamber setan apa lo ngatain gue nona manis? Emangnya gue merek susu? gue jawab sambil nyengir.
            Waktu keluar dari ruangan kelas, gue ketemu Gilang.
            “Hai Gil!” sapa gue dengan tersenyum.
            “Eh hai Nez. Mau pulang ya?”
            “Iya nih. Lo?”
            “Gue nunggu Fara nih. Belum juga keluar.” Gilang dengan tenangnya nyebut nama Fara. Sama sekali nggak ngerti perasaan gue.
            “Ohhh. Eh iya Gil, gue mau nanya nih. Tentang janji lo.” Ups ngomong apa sih gue.
            “Apa?” Gilang heran sampai-sampai bibirnya manyun.
            “Lo masih inget kalau lo dulu suka ama gue terus lo janji mau nikah ma gue kalo kita udah gede nanti?” hah? Gue ngomong nggak terkontrol.
            “Ohh gue masih inget.”
            Jantung gue copot mendengarnya. Masih ada celah.
            “Gil, pulang yuk.” Fara dateng disaat yang nggak tepat.
            “Santai aja Nez. Semua itu bisa berubah.” Apa maksud lo Gil? Ada hubungannya sama Fara?
            Gue masih bingung…
            “Pulang yuk Nez, lagian si Gilang juga udah cabut. Jangan sampai lo nangis di sini.” Gandi yang dari tadi gue cuekin ternyata masih di belakang gue.
            “Iya Nez, pulang yuk.” Tiba-tiba Dana udah di depan gue. Akhirnya Dana tau semuanya. Tentang keluarga gue dan juga perasaan gue ke Gilang.
            “Gue tau kenapa lo marah-marah ke gue, padahal gue nggak tahu apa-apa tentang yang lo omongin waktu itu.” Dana mencoba menjelaskan.
            “Yang jelas semua ini ada hubungannya ama Fara. Fara udah lama menginginkan Gilang, jadi dia berbuat gini ke lo. Dan akhirnya gue juga yang jadi korban, Nez.” Dana yang malang. Kenapa gue musti marah-marah yang nggak jelas ke dia.
            “Ehm kita bertiga kan sahabat, Nez. Kenapa juga lo musti sembunyiin masalah lo dari kita berdua.” Gandi? Ngomong apa dia. Ya ampun! Akhirnya Gandi tau juga tentang keluarga gue.
            “Kalo lo kesepian masih ada kita berdua kok, Nez.” Gandi dan Dana emang dua sahabat gue yang baik.
            “Terus soal Gilang lo mau gimana?” tanya Dana.
            “Gue juga nggak tau. Dia bilang semua itu bisa berubah tapi gue nggak tau yang dia maksud.” gue sedih banget.
            “Ya udahlah, pulang yuk, udah sore banget nih!” ajak Gandi.
            Gue heran ama Gandi. Dia memilih diam dan nggak mengungkit soal Gilang. Dia malah tersenyum. Senyuman yang hangat rasanya.
            “Udahlah. Hidup masih panjang dan yang pasti life must go on. Moving forward and let it flow.”
            Upz!!! Ceramah yang singkat, padat dan yang pasti mengena banget. Yup! Hidup gue masih panjang, gue masih terlalu muda dan harus menikmati hidup. Entah apa yang terjadi nanti ama gue yang jelas itu kehendakNya. Yang jelas udah direncanain ama Dia dan yang pasti itu yang terbaik buat gue.

No comments: